Tips Jitu Meningkatkan Traffic Ke Blog / Website

Kita semua tahu, terutama bagi pengguna adsense dan sejenisnya, bahwa meningkatkan trafik termasuk hal yang penting dalam bisnis online. Sebab, more people who access our page = more money. That’s why we must learn to increase our traffic! Ada beberapa cara untuk meningkatkan trafik ke blog kita, tapi saya mencoba menggeneralisasikannya ke dalam dua kelompok besar : Dengan SEO dan non-SEO. Nah, sudah siap untuk belajar? Let’s begin! DENGAN SEO
Sebelum menginjak pada tips-tips meningkatkan SEO, kita perlu tahu dulu apa arti SEO. Search Engine Optimization {SEO) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung (Wikipedia Indonesia). Nah, udah jelas, kan? Sekarang bagaimana cara meningkatkan SEO? Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Niche dan Keyword Niche, secara bebas, saya terjemahkan sebagai “celah”, atau pangsa pasar dimana blog anda akan ‘bermain’ nantinya. Kalau bisa, niche-nya jangan terlalu umum dan jangan terlalu sempit pula. Untuk mengetes, ketikkan niche anda di search engine. Kalau muncul lebih dari 100.000 pencarian mengenai niche tersebut, coba pikir ulang, karena saingan anda terlalu banyak.Saya asumsikan anda punya sebuah blog baru yang tentunya sudah ditentukan niche-nya. Kalau anda sudah punya niche-nya, selanjutnya anda harus menentukan keyword apa yang akan anda bidik. Tentukan setidaknya 10 keyword dan tulis masing-masing satu artikel mengenai keyword tersebut. Lebih banyak artikel yang anda tulis, lebih baik.
2. Judul Halaman Ini adalah informasi halaman yang terlihat di bar warna biru di browser Anda yang terletak di sebelah kiri bila Anda mengunjungi sebuah website. Untuk SEO terbaik, gunakan sampai 2 kata kunci dalam tag judul. Cara yang terbaik adalah dua kata kunci tersebut dipisah dengan tanda bar “|”, contoh : Dapakan duit | Software gratis
3. Nama domain Jika memungkinkan gunakan satu kata kunci primer dalam nama domain. Anda akan mendapatkan posisi SEO yang kompetitif. Jika Anda sudah memiliki nama domain, ikut sertakan nama file yang ada di website Anda. COntoh : http://www.situsanda.com/dapatduit.html
4. Meta tags Adalah deskripsi dari sebuah website yang tidak terlihat, kecuali jika melihat kode sumber html halaman tersebut. Untuk kebutuhan SEO, pastikan meta tag tersebut tidak lebih dari 150 karakter
5.Header tags Merupakan kode html yang mengindikasikan headline, seperti H1,H2,dan H3 dan terlihat berhuruf tebal. Tampilkan kata kunci website satu kali di H1, 2-3 kali di H2, dan berulang kali di H3.
6.Meta GEO Tag Untuk yang ingin blognya terkenal di wilayah Indonesia, pada header web-nya bisa memasang meta geo tag yang menyatakan kalau website itu dari Indonesia.
7. Alt image tag Merupakan deskripsi dari gambar yang ada di website dan akan terlihat bila kursor diletakkan diatas gambar. Isilah alt tag dengan kata kunci dari website Anda.
8. Format Isi Mesin pencari sangat peka terhadap isi tulisan yang diformat. Misal jika tulisan tersebut tebal, cetak miring, atau garis bawah. Pastikan bahwa keyword dicetak tebal
9. Keyword density Kepadatan/populasi kata kunci tergantung dari jumlah tampilnya kata kunci tersebut. Jumlah populasi kata kunci tersebut antara 2% – 7%. Tersedia software untuk mengecek populasi kata kunci/keyword density
10. Anchor text adalah link yang menghubungkan ke halaman lain di website kita. Misal dengan “klik disini untuk keterangan posting lalu”
11. Site Map adalah peta situs yang mempermudah pengunjung untuk menelusuri isi dari website.
12. Content Jangan pedulikan dulu siapa yang akan mengunjungi blog anda, yang penting isi content dulu. Lakukan secara rutin, targetkan blog anda memiliki puluhan hingga ratusan artikel. Bahkan kalau anda serius, sewa seseorang untuk mengupdate isi blog anda setiap hari. Jangan lupa, content-nya harus relevan dengan keyword, usahakan selalu (tidak harus selalu) keyword muncul di setiap artikel anda.
13. Back-link Banyak cara membangun back-link, salah satu yang paling mudah adalah berkomentar dengan baik (bukan spam) di blog lain sambil menanam link (bukan nanam link di isi comment ya) dengan keyword kita. Biasanya ada 4 isian kalau kita mau comment. Ada Nama, isi dengan nama anda dan kalau bisa sisipkan keyword, sehingga menghasilkan Text Anchor yang relevan dengan keyword! Ada isian email, ada isian website (isi dengan URL kita), dan ada isian comment (isi dengan comment yang baik) Trus.. klo bisa sih, setelah memposting artikel, cari di Google tentang artikel yang relevan di blog lain, lalu berkomentar dengan baik disana..
14. Social Bookmark dan Blog Directory! Bersosialisasilah… Daftarkan blog anda di social bookmark seperti Technorati.com, digg.com, reddit.com, faves.com, mister-wong.de, mister-wong.com, magnolia.com, propeller.com, Diigo.com, bibsonomy.org, dll.. Daftarkan juga di Blog directory seperti BlogCatalog.com, BlogArama.com, dll…
15. Aplikasi Ada beberapa aplikasi untuk menaikkan SEO, diantaranya adalah : 1. mypagerank.net 2. rankwidget.com 3. alexa sparky (add-ons pada mozilla)
DENGAN NON-SEO
Untuk yang merasa bahwa cara-cara SEO terlalu susah, bisa mengikuti cara non-SEO di bawah ini :
1.Meningkatkan Kualitas Artikel Anda Jangan bilang susah dulu, kualitas artikel itu relatif dan tidak baku. Jangan keburu menganggap artikel anda tidak berkualitas dan menjadikannya alasan untuk berhenti ngeblog, semua butuh pembelajaran dan pembiasaan, teruslah menulis dan lambat laun anda akan menemukan gaya tulisan anda, dengan begitu anda tahu mana yang harus diubah guna memperbaikinya.
Dengan meningkatkan kualitas tulisan anda, pengunjung akan merasa menemukan manfaat dari keberadaan blog anda, bukan hal yang tidak mungkin bagi mereka untuk memberi backlink dari salah satu artikel mereka yang terkait dengan artikel anda. Jika anda merasa itu masih terlalu susah bagi anda, minimal, buatlah tulisan yang jelas maksud dan bahasannya.. Kecuali kalo anda buat blog tentang cerita misteri hehehe.. Sekali lagi, tanpa SEO, tanpa Optimasi Keyword
2.Menggunakan Themes yang Ringan di Blog Anda Pengunjung biasanya tidak suka dengan blog yang membutuhkan waktu lama untuk membukanya. Jadi pastikan layout blog anda tidak terlalu berat dan jangan terlalu banyak memasang aplikasi web seperti tracking sistem, hitstat dan aplikasi lainnya yang hanya sekedar untuk gaya-gayaan. Penggunaan JavaScript yang terlalu banyak akan membuat blog anda menjadi lambat, apalagi bila anda menempatkannya asal-asalan. Blog yang ringan juga menguntungkan pengunjung yang berlangganan koneksi internet yang tidak unlimited, pengunjung semacam itu sangatlah berpotensi untuk menjadi pengunjung tetap anda, jadi hargai mereka dengan mengurangi penggunaan bandwith mereka untuk blog anda.
3. Entrecards Website ini sangat bagus untuk blog. Kita dapat memancing traffic dari website ini dengan cara men-drop entrecard di blog orang lain atau dengan beriklan di blog seseorang. Dari sini akan kita dapatkan traffic. Dan semakin banyak point yang didapatkan dari entrecard, dapat diuangkan dalam bentuk dollar.
4.Kalau Anda rajin mengirim email ke surat pembaca media cetak, gunakan alamat email yang berakhiran domain blog Anda. Dengan semakin sering domain blog Anda muncul, bisa jadi para pembaca media cetak tersebut akan langsung berselancar di blog Anda. Kalau bisa gunakan kata-kata email Anda pada surat pembaca untuk menginformasikan pembaca membuka blog Anda, bahwa ada sesuatu yang berguna disana. Ingat menginformasikan berbeda dengan merekomendasikan. Jangan sampai email Anda tidak dimuat karena memiliki “iklan terselubung”.
5.Berikan email signature atau tanda tangan pada email. misalnya dengan mencantumkan alamat blog Anda. Misal: LHYTA.COM | Belajar web design, Internet, dan online business. Jadi gunakan selalu email resmi yang berakhiran domain Anda untuk mengirim email kepada sebanyak mungkin orang. Dan HINDARI SPAM!
6. Manfaatkan fasilitas signature pada forum diskusi online. Isinya bisa seperti pada signature email Anda. Kalau Anda termasuk sebagai member yang aktif maka member lain tidak akan segan-segan mengakses blog pribadi Anda. Jadi jangan cuma sering bertanya pada forum, tapi sering-seringlah memberikan solusi serta pendapat yang berguna bagi member lain.
7. Buatlah hasil karya yang bisa didistribusikan secara online. Misalnya dengan membuat ecard berbasis flash lalu mengirimkannya ke babaflash.com. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat blog Anda, karena biasanya tidak ada larangan untuk itu. Semakin banyak orang yang mengirim ecard Anda, akan semakin terkenal pula nama blog Anda.
8. Merekomendasikan blog pada media cetak Tidak semua redaksi suatu media cetak maupun elektronik mempunyai ide untuk menulis artikel setiap harinya. Maka Anda bisa memberikan informasi bahwa blog Anda dapat memberikan informasi yang mereka butuhkan, sehingga mereka dengan sukarela membahas blog Anda dalam tulisannya. Kalau Anda bisa, tulis saja sendiri artikel yang sesuai dengan rubrik media tersebut serta tema blog Anda lalu mengirimkannya kepada mereka.
9. Buatlah artikel yang melibatkan blogger lain dalam penulisannya. Misalnya dengan mengutip dan mengomentari tulisan salah seorang blogger terkenal di blog Anda. Istilah yang sering dipakai oleh blogger untuk hal ini adalah seperti “bermain PING PONG”. Berikan umpan kepada orang lain berupa pendapat Anda serta link yang menuju ke blog mereka. Kalau Anda cukup beruntung, maka blogger tersebut akan memberikan link ke pada blog Anda dalam salah satu artikelnya.
10. Daftarkan blog Anda dalam media jaringan periklanan Yang saya maksud adalah iklan baris. Bisa pilih yang gratis, atau (kalau anda serius) yang berbayar. Untuk yang gratis, salah satunya adalah Adgridwork.com. Kita diperbolehkan memasang iklan tentang blog kita pada situs orang lain dengan persyaratan kita juga mau memasang iklan orang lain pada blog kita. Caranya cukup dengan memasang beberapa baris JavaScript yang telah disediakan pada blog kita. Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat disitus tersebut. Bisa pula yang berbayar, semacam Adwords dan sejenisnya.
Mudah-mudahan artikel di atas dapat berguna bagi anda yang ingin meningkatkan trafik blog anda.

Segera Hub :
Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s