Tutorial Powerpoint | Ribbon

Seperti PowerPoint 2007, PowerPoint 2010 menggunakan Ribbon. Jika Anda hanya akrab dengan PowerPoint versi 2007, Anda mungkin menemukan pengganti sistem menu dan toolbar cukup mengejutkan.
Semua fungsi yang lama masih ada, dan banyak lagi selain itu. Ribbon ini dirancang untuk merampingkan alur kerja dan bertujuan untuk menyediakan semua yang anda butuhkan dengan jumlah klik mouse minimum.

Setiap tab berisi pilihan perintah yang berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu, dan perintah yang dipecah menjadi kelompok-kelompok. Untuk membuka tab baru, klik pada nama dalam Ribbon.
Beberapa perintah memiliki tombol yang terbagi secara horizontal menjadi dua, dengan bagian bawah menampilkan panah bawah. Mengklik tanda panah bawah menyajikan lebih banyak pilihan, sementara mengklik pada bagian atas mengeksekusi perintah dengan pengaturan standar. Sebagai contoh, klik pada bagian atas tombol New Slide menambahkan yang baru dan Isi Judul slide, sedangkan jika Anda mengklik panah bawah, Anda akan mendapatkan pilihan jenis slide yang tersedia untuk dipilih.
Customizing The Ribbon Dalam PowerPoint 2010

Ribbon dalam PowerPoint 2010 adalah jauh lebih fleksibel, karena Anda sekarang dapat melakukan hal berikut:
• Buat tab baru.
• Buat kelompok-kelompok baru dalam tab.
• Tambahkan perintah ke grup.
• Ubah urutan tab muncul.
• Ubah urutan kelompok-kelompok yang muncul pada tab.
Mari kita menunjukkan bagaimana kita dapat menyesuaikan Ribbon dengan sedikit contoh.
Klik Office Button> PowerPoint> Pilihan> Customize Ribbon. Panel di sebelah kanan tab akan menampilkan apa yang saat ini dapat Anda lihat dalam Ribbon, kelompok-kelompok apa yang ada di setiap tab, dan juga apa yang perintah dalam setiap kelompok. Panel di sebelah kiri daftar perintah dan makro yang dapat Anda tambahkan.

Membuat New Tab pada Ribbon
Untuk membuat tab baru pada Ribbon, pertama-tama pilih tab di panel di sebelah kanan. Klik New Tab dan tab baru akan diposisikan segera setelah tab yang Anda pilih. Ini diberi nama default “Tab Baru (Custom) dan grup default di dalamnya adalah bernama New Group (Custom).
Kita dapat mengubah nama tab dan kedua kelompok dengan memilih satu per satu waktu dan mengklik Ubah Rename. Ketik sesuatu yang bermakna untuk nama tab dan grup.

Membuat Grup Baru In A Tab

Untuk membuat grup baru di tab, pilih tab dan klik New Group. Grup baru diberi nama default dan Anda dapat mengubahnya dengan menggunakan tombol nama, seperti dijelaskan sebelumnya. Jika Anda memilih kelompok tertentu dalam tab sebelum membuat grup baru, kelompok baru diposisikan secara langsung setelah grup yang dipilih. Hal ini berlaku dari semua terbaru – yang baru muncul setelah memilih satu.
Anda akan melihat bahwa tab dan kelompok baik tombol ‘+’ atau ‘-‘ ditampilkan di sebelah kiri mereka: Anda dapat menggunakan tombol-tombol ini untuk memperbesar dan menutup tampilan kelompok atau perintah dalam diri mereka.
Mengubah urutan tab, kelompok atau perintah yang muncul adalah sangat mudah. Salah satu metode untuk melakukan hal ini melibatkan mengklik pada apa yang Anda mau pindah dan menyeretnya ke atas atau ke bawah. Sebuah panel seleksi muncul ketika Anda melakukan ini, dan ini membantu Anda untuk menentukan di mana tab, grup, atau perintah akan dibatalkan ketika mouse dilepaskan. Metode lain adalah dengan memilih sesuatu dan kemudian klik panah atas atau bawah ke kanan.
Untuk menghapus tab, grup, atau perintah, pilih pada panel di sebelah kanan dan klik Hapus.

Menambahkan Perintah Untuk Sebuah Group

Untuk menambahkan perintah ke grup, pilih grup pada panel di sebelah kanan, pilih perintah pada panel di sebelah kiri dan kemudian klik Tambah. Seperti yang Anda harapkan, menambahkan perintah, sementara perintah lain yang sudah dipilih akan menempatkan perintah baru setelah dipilih satu. Sebaliknya, jika Anda menambahkan perintah sementara kelompok sendiri dipilih, perintah baru muncul di akhir.
di atas daftar perintah panel adalah daftar drop-down yang memungkinkan Anda untuk menyaring daftar tersebut dengan kategori berikut:
• Online Perintah
• Perintah Not in the Ribbon
• Semua Perintah
• Macro
• Kantor Menu
• All Tabs
• Main Tabs
• Tool Tabs
• Custom Tabs dan Grup

Memulihkan/mengembalikan The Ribbon’s Default
Jika Anda membuat berantakan Ribbon kustomisasi Anda, jangan khawatir karena Anda dapat mengembalikan pengaturan default Ribbon. Anda melakukan ini dengan mengklik Kembali ke tombol Default di bagian bawah jendela, dan kemudian dengan memilih salah satu Ribbon Restore tab atau Kembalikan semua Ribbon tab dan penyesuaian Toolbar Akses Cepat. Pilihan ini sendiri cukup jelas.

Mengimpor Atau kustomisasi Ribbon Mengekspor

Jika Anda membuat ribbon kustomisasi yang menurut Anda mungkin berguna bagi orang lain yang bekerja dengan Anda, Anda dapat mengekspor pengaturan bagi mereka untuk impor. Ketika mereka mengimpor kustomisasi, setup ribbon mereka akan terlihat sama seperti milik Anda.

Untuk mengekspor ribbon kustomisasi Anda, klik Impor / Ekspor di bagian bawah jendela dan kemudian pilih Export Semua Ribbon Dan Toolbar kustomisasi. Mencari tempat pada hard drive atau jaringan, ketik nama untuk file kustomisasi dan klik Simpan. File Akses Cepat diberi “. extensi ExportedUI” .

Mengimpor kustomisasi ribbon, klik Impor / Ekspor tombol dan kali ini pilih Impor Customization File. Temukan di mana file kustomisasi, pilih dan klik Buka. Anda akan melihat konfirmasi menanyakan Anda apakah Anda ingin mengganti semua yang ada pita dan kustomisasi toolbar akses cepat. Mengklik Tidak akan membatalkan tanpa membuat perubahan apapun, sementara mengklik Ya akan menimpa konfigurasi pita yang ada dengan yang disimpan dalam file kustomisasi yang baru saja Anda diimpor.


Untuk menjalankan perubahan yang telah anda buat klik OKpada bagian bawah windows pilihan PowerPoint

Segera Hub :
Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s