Tutorial SPSS | Chi Square Test

Contoh Soal Chi Square
A. Pada penelitian tentang hubungan antara merokok dengan hipertensi dengan total sampel 110 orang laki-laki, didapatkan 35 orang menderita Coronary Heart Disease (CHD) disertai dengan kebiasaan merokok, 25 orang menderita CHD tanpa disertai dengan kebiasaan merokok, sedangkan sisanya 20 orang non-CHD dengan kebiasaan merokok dan 30 orang non CHD tanpa kebiasaan merokok. Hitunglah apakah terdapat perbedaan antara merokok dengan tidak merokok terhadap kejadian CHD!
JAWABAN:
MEROKOK
HIPERTENSI
TOTAL
CHD
NON CHD
POSITIF
35
20
55
NEGATIF
25
30
55
TOTAL
60
50
110
Ho: tidak ada perbedaan yang bermakna antara merokok dengan tidak merokok terhadap kejadian CHD
H1: ada perbedaan yang bermakna antara merokok dengan tidak merokok terhadap kejadian CHD
α = 5 % =0,05
df = (k-1) (b-1) = (2-1) (2-1)= 1
X2 tabel adalah 3,841
Kriteria pengujian hipotesis: X2 tabel < X2 hitung, maka Ho ditolak (H1 diterima).
X2 tabel > X2 hitung, maka Ho diterima (H1 ditolak).
Penghitungan :
n (ad-bc)2
X2 = ——————–
(a+b)(c+d)(a+c)(b+c)
110 ((35 x30)-(25×20)) 2
X2 = ———————- = 3,7
55 x 55 x 60 x50
Kesimpulan:
Berdasarkan hasil perhitungan di atas diketahui bahwa X2 tabel > X2 hitung, maka Ho diterima (H1 ditolak), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara merokok dengan tidak merokok terhadap kejadian CHD.
B. Dari hasil pemeriksaan status gizi pada 800 anak sekolah dasar, terdapat 700 anak yang mempunyai status gizi baik dengan tingkatan IQ <120 pada 210 anak, IQ =120 pada 340 anak, dan IQ> 120 pada 150 anak, sedangkan 100 anak mempunyai status gizi kurang dengan tingkatan IQ=120 pada 35 anak dan IQ>120 pada 15 anak. Buktikan apakah terdapat hubungan antara status gizi anak dengan tingkat IQ anak! (Gunakan α = 10%)
JAWABAN:
Status Gizi Anak
Tingkat IQ Anak
Total
<120
120
>120
Baik
210
340
150
700
Kurang
50
35
15
100
Total
260
375
165
800
Ho: tidak ada perbedaan yang bermakna antara status gizi anak terhadap tingkat IQ.
H1: ada perbedaan yang bermakna antara status gizi anak terhadap tingkat IQ
α = 10 % = 0,10
df = (k-1) (b-1) = (3-1) (2-1)= 2
X2 tabel adalah 4,605
Kriteria pengujian hipotesis: X2 tabel < X2 hitung, maka Ho ditolak (H1 diterima).
X2 tabel > X2 hitung, maka Ho diterima (H1 ditolak).
Penghitungan
Frekuensi harapan ( e) = (total baris x total kolom )/grand total
260 x 700 375 x 700 165 x 700
e1= ———– = 227,5 e2 = ———- = 328,1 e3 = ——– =144,4
800 800 800
260 x 100 375 x 100 165 x 100
e4 = ———– = 32,5 e5 = ———— = 46,9 e6 = ——– = 20,6
800 800 800
Status Gizi Anak
Tingkat IQ Anak
Total
<120
120
>120
Baik
210 (227,5)
340 (328,1)
150 (144,4)
700
Kurang
50 (32,5)
35 (46,9)
15 (20,6)
100
Total
260
375
165
800
(o-e) 2
X2 = ———-
e
(210- 227,5) 2
X2 1 = ————- = 1,35
227,5
(340-328,1) 2
X2 2 = ———— = 0,072
328,1
(150-144,4) 2
X2 3 = ———– = 0,077
144,4
(50-32,5) 2
X2 4 = ———- = 1,07
32,5
(35-46,9) 2
X2 5 = ———– = 0,51
46,9
(15-20,6) 2
X2 6 = ———- = 0,54
20,6
∑ X2 = X2 1 + X2 2 + X2 3 + X2 4 + X2 5 + X2 6 = 1,35 + 0,072 + 0,077 + 1,07 + 0,51+ 0,54
∑ X2 = 3,62
Kesimpulan:
Berdasarkan hasil perhitungan di atas diketahui bahwa X2 tabel > X2 hitung, maka Ho diterima (H1 ditolak), sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna antara tingkat status gizi anak terhadap tingkatan IQ yang ada.
Segera Hub :
Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s