Kursus Adobe Flash Jogja | Terminologi Action Script

Action Script Adobe Flash mempunyai terminologi sebagai berikut :

  • Actions : Pernyataan untuk membuat movie menjalankan perintah. sebagai contoh actions dibawah ini memerintahkan movie untuk melompat ke frame 10 dan langsung memainkan movie. gotoAndPlay(10);
  • Boolean : Data dengan dua nilai, yaitu benar (true), atau salah (false)
  • Classes : Tipe data yang digunakan untuk mendefinisikan tipe baru suatu obyek.
  • Constants : elemen yang bersifat mutlak dan tidak dapat diganti. Sebagai contoh key.TAB akan selalu mengindikasikan pada tombol TAB di dalam keyboard.
  • Constructor : Fungsi yang digunakan untuk mendefinisikan properti dan metode (methods) suatu class
  • Data Types : Suatu Nilai dan Operasi yang dapat diterapkan pada tipe data, antara lain string, number, boolean, object, movie clip, function, null dan undefined.
  • Events : Aksi yang terjadi pada saat movie dimainkan, misalnya aksi klik pada Button, yaitu (release)
  • Events Handler : Aksi yang mengelola event, Event Handlers terbagi menjadi dua, yaitu Actions dan Methods. Actions event handler dibedakan menjadi dua tipe yaitu untuk button adalah on, dan untuk movie clip adalah onClipEvent.
  • Expression : Kombinasi simbol ActionScript yang mempresentasikan suatu nilai, Expression dibedakan menjadi dua, yaitu operator dan operand. Sebagai contoh expression di bawah ini, x dan 5 adalah operand, sedangkan tanda (+) adalah operator.   ( x+5)
  • Functions : Blok atau kode yang dapat digunakan berulang-ulang, yang juga dapat diikuti parameter dan dapat mengembalikan suatu nilai.
  • Identifiers : Nama yang digunakan untuk mengindikasikan variabel, properti, obyek, function, atau metode. Untuk karakter pertama harus dimulai dengan huruf bawah ( _ ), atau simbol dollar ($). Sedangkan karakter berikutnya bisa berupa huruf atau angka.
  • Instances : obyek yang masuk dalam class tertentu. Sebagai contoh semua movie clip merupakan instance dari class Movie Clip.
  • Instance Name : Nama Instance untuk movie clipatau button yang digunakan sebagai target di dalam skrip.
  • Keyword : Kata pengganti yang mempunyai arti khusus, sebagai contoh var adalah keyword untuk mendeklarasikan local variable.
  • Methods : Fungsi yang diterapkan pada obyek.
  • Operators : Simbol yang mengalkulasikan nilai baru dari satu nilai atau lebih. Sebagai contoh operator penambahan (+) digunakan untuk menambahkan dua nilai atau lebih sehingga menghasilkan nilai baru.
  • Parameters : Tempat mengesahkan nilai untuk fungsi.
  • Properties : Atribut yang mendifinisikan suatu obyek. Sebagai contoh _visible adalah properti untuk semua movie clip yang menentukan ditampilkannya atau disembunyikannya movie clip di dalam panggung.
  • Target Path : Alamat nama instance movie clip, variable, atau obyek yang disusun secara hierarki.
  • Variable : Pelacak identitas yang menampung semua tipe data.

 

Segera Hub :
Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s