Kursus Excel Jogja | Mengenal Formula pada Excel – Part 28: Tips

Setelah Anda mempelajari berbagai konsep dasar tentang penggunaan formula pada aplikasi Excel, berikut ini beberapa tips singkat yang mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam menerapkan suatu formula pada pekerjaan Anda sehari-hari.

  • Untuk menentukan fungsi dan formula apa yang akan digunakan saat berhadapan dengan suatu kasus tertentu, cobalah untuk menterjemahkan kasus tersebut dalam operasi hitung dasar matematika biasa yang Anda kenal. Jika perlu lakukan coretan kasar pada kertas agar Anda bisa memahami solusi apa yang dibutuhkan pada kasus tersebut. Karena adakalanya suatu proses perhitungan yang tampak rumit ternyata malah bisa diselesaikan dengan menggunakan operator dasar matematika biasa alias tanpa menggunakan fungsi sama sekali.
  • Perhatikan tanda pemisah argumen pada formula yang Anda gunakan karena tanda pemisah ini bergantung pada seting regional. Perhatikan juga dengan teliti tanda-tanda lainnya yang mungin Anda gunakan seperti misalnya tanda kurung atau tanda petik.
  • Jika kasus yang dihadapi memiliki unsur pembanding atau ada syarat maupun kondisi tertentu yang harus dicapai maka umumnya kasus tersebut harus menggunakan fungsi logika seperti misalnya fungsi IF.
  • Kasus yang melibatkan tabel lain sebagai tabel acuan bisa menggunakan fungsi referensi seperti misalnya VLOOKUP atau HLOOKUP.
  • Jika fungsi yang digunakan ternyata tidak dapat menyelesaikan kasus Anda, cobalah untuk menggabungkan fungsi tersebut dengan fungsi lainnya.
  • Formula yang Anda gunakan tidak selalu harus berada dalam 1 Sheet Excel saja, melainkan bisa melibatkan Sheet-sheet lainnya bahkan Workbook yang berbeda.
  • Hasil dari Fungsi dan Formula yang Anda terapkan pada suatu kasus adakalanya bergantung pada format sel yang digunakan. Sebagai contoh, hasil perhitungan formula yang melibatkan fungsi penanggalan harus diletakan pada sel yang memiliki format Date. Oleh karena itu perhatikan selalu format sel yang Anda gunakan pada tabel-tabel data Anda.
  • Gunakan bantuan Auto Fill dan Sel Absolut untuk membantu mempercepat penerapan formula pada data-data selanjutnya.
  • Setelah Anda menerapkan suatu formula tertentu, cobalah untuk merubah-rubah datanya lalu lihat apakah hasilnya ikut berubah juga, cara ini adalah cara yang paling cepat untuk memeriksa apakah formula yang Anda terapkan sudah benar.
  • Gunakan fasilitas bantuan Excel seperti misalnya Error Checking untuk memeriksa barangkali terdapat kesalahan dalam penerapan formula yang Anda kerjakan.

Segera Hub :
Jogja Multimedia
Jl. Magelang KM 7,5 Yogyakarta
HP : 0877.3887.5400
WA : 0877.3887.5400

Pin BB : 5229B9B9
website : www.jogjacourse.com
website : www.jogjacourse.net
website : www.jogjalearn.com
website : www.jogjalearn.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s